Breaking News

Puncak Peringatan HUT, PIPAS Ingatkan Peran Untuk Dukung UMKM

 

Kamis (29/02) Anggota Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Bapas Kelas II Sampit mengikuti rangkaian kegiatan Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun PIPAS Ke-20 yang jatuh pada tanggal 24 Januari lalu. Kegiatan diikuti secara daring di Aula Kantor Bapas Kelas II Sampit selama 2 (dua) hari berturut-turut dalam kegiatan yang berbeda. Pada hari pertama adalah Webinar terkait Kewirausahaan yang juga bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai narasumber kemudian dlianjutkan di hari kedua yang berisi penganugerahan bagi anggota PIPAS yang berprestasi dan pemenang lomba tari daerah yang turut memeriahkan kegiatan ini. 

Kegiatan di hari pertama dibuka oleh Penasehat Utama PIPAS, Anna Reynhard yang menyampaikan bahwa pentingnya mendukung UMKM karena dapat meningkatkan industri ekonomi kreatif kita khususnya di Pemasyarakatan baik yang dimiliki oleh stakeholder maupun internal yaitu anggota PIPAS sendiri "kita berdayakan warga binaan dengan melibatkan UMKM, kemudian kita kelola dan distribusikan agar pemasukan meningkat dan jangka panjangnya adalah warga binaan dapat produktif berdayaguna" terangnya. Kemudian pemaparan materi diberikan oleh Rani Fitrianaria mengenai Dasar-Dasar Perkoperasian dan Tata Cara Pendirian Koperasi dilanjutkan dengan materi Pembiayaan UMKM BRI dan Asuransi yang disampaikan oleh Mega Kirana dari BRI ditutip dengan sesi tanya jawab.

Pada hari kedua, kegiatan dibuka dengan tari penyambutan oleh Anggota PIPAS Jakarta Barat dan Lapas Narkotika Jakarta yang dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan Direktur Jendral Pemasyarakatan perihal pengangkatan Ketua Umum PIPAS periode 2024-2029 yaitu Anna Reynhard yang dikukuhkan secara langsung oleh Reynhard Silitonga selaku Pembina Utama PIPAS. Pengukuhan ditutup dengan pemakaian selempang Ketua Umum dan penyerahan Panji PIPAS. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan perjanjian Kerjasama dengan Anantio Leather Yogyakarta serta Launching Aplikasi BATIK PIPAS. 

Koordinator PIPAS Bapas Kelas II Sampit, Ny. Ria Endri Elwi Tarigan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah momentum untuk meningkatkan minat berwirausaha untuk tetap produktif serta mendukung UMKM yang ada di sekitar "terimakasih ibu-ibu sudah berkenan hadir, saya harap ibu-ibu PIPAS Bapas Sampit dapat merangkul UMKM sekitar untuk kerjasama memberikan pelatihan bahkan lapangan kerja yang baru bagi klien Bapas yang belum memiliki pekerjaan, kita dukung agar Pemasyarakatan dapat Maju sepenuhnya" tegasnya. Anggota Seksi Organisasi, Ny. Rina Rico Marthin pun menjelaskan terkait kegiatan DWP Bapas Kelas II Sampit dalam hal peningkatan wirausaha dan kerjasama hingga saat ini masih belum maksimal karena kesibukan kegiatan ibu-ibu yang memilik peran ganda. 

Humas Bapas Sampit

0 Komentar

© Copyright 2023 - Suarapost.com - Berita Terbaru Hari Ini, Peristiwa Terkini